Cheap Camera Challenge

Banyak sobat KPIM yang mengeluh atau merasa tidak pede karena cuma menggunakan kamera biasa atau kamera poket, sehingga merasa minder untuk posting foto di group KPIM atau ikut acara hunting KPIM. Namun hari ini kita punya misi untuk menghilangkan pola pikir itu semua, dan kembali mengingatkan kita bahwa modal utama seni photography itu ya harus senang moto (passion), bukan masalah kameranya apa.

Terinspirasi dari seri DigitalRev TV di YouTube, hari ini KPIM mengadakan hunting dengan tema “Cheap Camera Challenge”. Photographer yang ikut tantangan ini membawa kamera yang paling murah yang dimiliki dan shoot dengan kamera tersebut. Untuk yang ikut challenge ini secara langsung, acara ini diadakan di sekitar Petaling Street. Daerah ini menjadi daerah favorit street photographer di KL karena banyak sekali aktivitas baik pedagang disana maupun turis yang datang kesana.

Apertureƒ/3CameraCanon PowerShot A480ISO80Shutter speed1/1000s

Pagi ini cuaca mendung dan sempat hujan gerimis, beruntung tidak berlangsung lama. Khawatir hujan akan bertambah besar, kami pun langsung bergerak dan sebagai tujuan pertama hunting kali ini, kami berjalan mengarah ke lokasi temple di persis sebelah kanan gerbang Petaling Street.

Apertureƒ/3CameraCanon PowerShot A480ISO400Shutter speed1/60s

Karena belum terlalu banyak aktivitas di temple tersebut, kami melanjutkan hunting kami ke gang-gang yang banyak seni graffiti dan kami mengambil photo mural yang ada disana dan mengambil foto “levitasi” dengan kamera seadanya.

Apertureƒ/3CameraCanon PowerShot A480ISO125Shutter speed1/500s

Apertureƒ/3CameraCanon PowerShot A480ISO125Shutter speed1/250s

Dan akhirnya kami pun sampai ke tempat hunting favorit street photographer di KL, yaitu Pasar Karat. Disini tempat orang-orang menjual barang bekas (mungkin juga barang antik) dan biasanya pada hari minggu pagi tempat ini sangat ramai.

Apertureƒ/4CameraCanon PowerShot A480ISO125Shutter speed1/400s

Sebelum kita membubarkan diri, ada salah satu komunitas photo di Malaysia yang melakukan sesi photoshoot di area Petaling Street. Dan atas seizin mereka, kami pun mulai mencoba ikut photoshoot dengan kamera kami seadanya 🙂

Apertureƒ/5.8CameraCanon PowerShot A480ISO400Shutter speed1/250s

Kamera yang saya gunakan ini, merupakan kamera digital “entry level” bahkan pada zamannya dengan resolusi 10 Megapixel saja. Tetapi kamera ini adalah kamera yang saya bawa dari Indonesia sewaktu pertama kali saya datang ke Kuala Lumpur. Ini adalah kamera kedua yang saya beli dengan harga second 500rb rupiah karena kamera yang sama yang pernah saya miliki sebelumnya hilang setelah saya mengambil momen anak kedua saya lahir.

Bagi saya kamera adalah alat untuk mengabadikan momen pribadi saya, ada juga yang menjadikan kamera alat untuk mencari nafkah. Disitulah kita menentukan mana kamera yang paling sesuai dengan keperluan kita. Bahkan untuk saya pribadi, kamera smartphone pun terkadang sudah cukup untuk mengambil photo ketika saya traveling. Jangan jadi gak pede yah pake kamera apapun yang kalian punya, silahkan posting hasil jepret temen-temen di group KPIM. Selamat hunting …

“The best camera is the one that’s with you …” – Chase Jarvis